Seni Ukir

6 Oktober 2015
Indonesia sangat kaya akan budaya dan seni yang tersebar luas mulai dari Sabang sampai Merauke. Salah satunya adalah Seni Ukir, sebuah gambar hiasan dengan beberapa bagian yang berbentuk cekung dan beberapa bagian lagi berbentuk cembung.

Beberapa daerah di Indonesia yang mempunyai kerajinan Seni Ukir misalnya Jepara yang ada di Pulau Jawa, Seni Ukir suku Dayak yang ada di Kalimantan, Seni Ukir Toraja yang ada di Sulawesi dan Seni Ukir suku Asmat yang ada di Papua.

Untuk mengetahui ciri khas motif ukiran dari setiap daerah, pada dasarnya dalam setiap motif ukiran tradisional yang ada di Indonesia pasti terdiri dari beberapa motif berikut ini:
  1. Motif daun pokok, yaitu motif yang menjadi pokok dari keseluruhan motif ukiran kayu.
  2. Motif angkup adalah bentuk motif daun yang masih menelungkup pada bagian punggung daun pokok.
  3. Motif simbar adalah motif yang digunakan sebagai penghias dari bagian depan daun pokok.
  4. Motif endong adalah motif hias yang digunakan untuk menghias bagian belakang (punggung) dari daun pokok.
  5. Motif trubusan atau yang disebut juga dengan tunas, merupakan motif tunas yang muncul dari motif daun pokok.
  6. Motif trubusan biasanya berbentuk beberapa daun kecil yang ada di sekitar daun pokok, motif ini sebenarnya hanya sebagai pelengkap atau pengisi dari bidang yang kosong.
  7. Motif pecahan adalah motif yang berbentuk sobekan sebuah daun sehingga motif ini juga membentuk karakter sebuah daun. Motif pecahan merupakan motif pemanis atau untuk menambah luwesnya bentuk daun yang sudah dipecah.
  8. Motif benangan adalah motif yang berbentuk garis dan terdapat pada pola utama yang mempunyai fungsi sebagai pelengkap motif yang berbentuk bidang. Biasanya motif benangan berbentuk miring mulai dari bawah sampai ke atas dan berhenti pada ulir pokok.
Motif Ukir Jawa
Motif Majapahit merupakan salah satu motif ukiran yang berasal dari Pulau Jawa dan yang paling terkenal adalah motif ukiran yang berasal dari Jepara. Semua bentuk dari motif ukiran berupa daun, bunga dan buah yang berbentuk melengkung cekung dan cembung. Oleh karena itu, ciri-ciri dari motif Majapahit secara umum bisa dikatakan kombinasi antara bentuk cekung dan cembung.
  1. Motif Ukiran Angkup
    Motif angkup yang ada pada motif Majapahit ini berbentuk cekung dengan ujung yang berikal. Bentuk tersebut biasanya terdapat di bagian atas sedangkan yang ada di ujung angkup terdapat ikal sebagai tanda akhir dari motif angkup tersebut.
  2. Motif Ukiran Jambul Susun
    Jambul Susun biasanya terletak pada bagian muka daun pokok dengan beberapa kali pengulangan bentuk. Sesuai dengan nama motifnya, motif ini memiliki bentuk yang tersusun secara berulang-ulang di bagian depan atas dari motif daun pokok.
  3. Motif Ukiran Daun Trubus
    Pada motif Majapahit trubus biasanya terletak di daun pokok. Selain itu, motif trubus ini juga mengalami pengulangan secara berkali-kali dan biasanya tergantung dari selera sang pemahat.
  4. Motif Ukiran Simbar
    Motif motif simbar yang pada motif Majapahit ini sama halnya dengan motif simbar yang terdapat di daerah lainnya. Motif simbar ini sebenarnya hanya digunakan sebagi pemanis saja dan bukan merupakan motif pokok yang ada pada motif Majapahit.
  5. Motif Ukiran Benangan
    Motif ini biasanya memiliki benangan rangkap dan juga benangan garis. Benangan ini biasanya berada di bagian daun pokok, tepatnya di bagian depan yang dimulai dari pangkal daun dan mengikuti alur lengkungan daun pokok dan berakhir dengan ukelan/ulir.
  6. Motif Ukiran Pecahan
    Seperti halnya pada motif ukiran yang ada di daerah lain, motif pecahan yang terdapat pada motif Majapahit memiliki dua jenis pecahan yaitu pecahan cawen yang terdapat pada ukiran daun patran dan pecahan garis yang menjalar di daun pokok. Keberadaan dari motif pecahan ini bisa menambah keindahan pada ukiran yang dibuat.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

6 komentar :

Random Post

INFO SEHAT

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~